HomeJurnalJurnal Akademi Keperawatan 17 KaranganyarHubungan Keaktifan Belajar Dengan Ketrampilan Praktek Laboratorium Keperawatan Kebutuhan Dasar Manusia I AKPER Mamba'ul 'ulum Surakarta

LPPM AKPER 17

Overview Overview Search Search Up Up
Download details
Hubungan Keaktifan Belajar Dengan Ketrampilan Praktek Laboratorium Keperawatan Kebutuhan Dasar Manusia I AKPER Mamba'ul 'ulum Surakarta Hubungan Keaktifan Belajar Dengan Ketrampilan Praktek Laboratorium Keperawatan Kebutuhan Dasar Manusia I AKPER Mamba'ul 'ulum Surakarta HOT

Latar Belakang: Salah satu wahana untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah pendidikan, termasuk pendidikan keperawatan. Jenjang pendidikan DIII keperawatan adalah program pendidikan keperawatan yang diarahkan kepada penguasaan ketrampilan dan sikap dalam keperawatan sebagai profesional pemula (Departemen Kesehatan, 2006) Peran aktif mahasiswa dalam pembelajaran di laboratorium membantu mahasiswa untuk melakukan prosedur tindakan dengan baik dan mampu trampil dalam menangani klien baik diRumah Sakit, Pelayanan Kesehatan atau di Masyarakart.


Tujuan: Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan keaktifan belajar dilaboratorium keperawatan dengan ketrampilan praktek laboratorium keperawatan mata kuliah kebutuhan dasar manusia I.
Metode Penelitian : Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi adalah mahasiswa tingkat I, pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan uji Product Moment dan alpha chonbrach. Analisis data menggunakan Korelasi Product Moment dengan tingkat signifikansi 5 %. Pengumpulan data dengan kuesioner.


Hasil dan Kesimpulan : Ada hubungan yang positif dan signifikan keaktifan belajar di laboratorium dengan ketrampilan praktek laboratorium keperawatan (r = 0,305; p < 0,05).

Data

Version
Size109.02 KB
Downloads352
Language
License
AuthorThis email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website
Price
Created2015-01-30
Created bypendekar
Changed2015-01-31
Changed bySuper User

Download

Polling

Bagaimana update informasi di website

Bagus - 77.5%
Cukup - 10%
Kurang - 12.5%

Total votes: 40
The voting for this poll has ended on: 30 Sep 2015 - 00:00

Asal Pengunjung

Go to top