HomeJurnal

LPPM AKPER 17

Overview Overview Search Search Up Up
Download details
Hubungan Konsep Diri Dengan Kecemasan Pada Remaja Putri Di SMP Negeri 4 Depok Hubungan Konsep Diri Dengan Kecemasan Pada Remaja Putri Di SMP Negeri 4 Depok HOT

Latar Belakang: Remaja merupakan masa transisi atau peralihan dari masa anak menuju masa dewasa. Pada masa ini remaja mengalami berbagai perubahan, perubahan yang tampak jelas adalah perubahan fisik dan disertai dengan berkembangannya kapasitas reproduktif. Perubahan yang terjadi mempengaruhi remaja dalam memandang dirinya. Konsep diri pada remaja lebih menekankan pada penampilan; hidung, telinga yang besar, tubuh yang pendek, atau kerangka tubuh yang besar mengakibatkan remaja menilai buruk terhadap dirinya. Kecemasan seringkali diakibatkan karena remaja tidak mampu beradaptasi dan berpikir secara realitas terhadap perubahan yang terjadi seperti perubahan bentuk tubuh, perkembangan ciri-ciri seks sekunder dan peran.


Tujuan: Mengetahui hubungan konsep diri dengan kecemasan pada remaja putri di SMP Negeri 4 Depok.
Metode Penelitian: Penelitian kuantitatif, rancangan penelitian diskriptif dengan studi korelasi. Desain penelitian adalah Cross Sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner konsep diri dan kuesioner kecemasan pada remaja putri. Sampel penelitian ini adalah siswi kelas VII, VIII dan IX SMP Negeri 4 Depok sebanyak 130 responden.


Hasil: Konsep diri responden sebagian besar dalam kategori konsep diri yang positif yaitu sebanyak 108 responden (83,1%). Komponen konsep diri responden yaitu; komponen konsep diri yang paling tinggi porsentasinya adalah identitas diri yang jelas sebanyak 118 responden (90,8%) dan yang paling rendah adalah citra tubuh yang positif sebanyak 77 responden (59,2%). Kecemasan responden sebagian besar dalam kategori sedang yaitu sebanyak 100 responden (76,9%). Terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan kecemasan pada remaja putri dengan nilai p-value sebesar 0,001 dan Rho sebesar -0,301.


Kesimpulan: Hubungan negatif antara konsep diri dengan kecemasan pada remaja putridapat diartikan semakin positif konsep diri maka akan semakin ringan kecemasan pada remaja putri

Data

Version
Size114.65 KB
Downloads1224
Language
License
AuthorSyamsudin
Website
Price
Created2015-01-30
Created bypendekar
Changed2015-01-31
Changed bySuper User

Download

Polling

Bagaimana update informasi di website

Bagus - 77.5%
Cukup - 10%
Kurang - 12.5%

Total votes: 40
The voting for this poll has ended on: 30 Sep 2015 - 00:00

Asal Pengunjung

Go to top