HomeJurnalJurnal Akademi Keperawatan 17 KaranganyarHubungan Antara Pemberian Assertiveness Training Terhadap Penurunan Perilaku Kekerasan Pada Pasien Skizofrenia Rsjd Dr. Arif Zainudin Surakarta

LPPM AKPER 17

Overview Overview Search Search Up Up
Download details
Pengaruh Pendidikan Teman Sebaya Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Akademi Keperawatan Tujuhbelas Kra. Surakarta Pengaruh Pendidikan Teman Sebaya Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Akademi Keperawatan Tujuhbelas Kra. Surakarta HOT

Latar Belakang: Pendidikan sebaya (peer education) adalah salah satu yang secara luas digunakan untuk mengatasi pandemi HIV/AIDS. Pendidikan sebaya diidentifikasi sebagai sarana penting menyebarkan informasi tentang HIV/AIDS dan kesehatan reproduksi karena dapat mengatasi beberapa kesulitan, dapat mentransfer pengetahuan dan komunikasi dilakukan lebih bebas dan secara terbuka dalam kelompok sebaya. Pendidikan sebaya sering digunakan untuk mengubah tingkat perilaku pada individu dengan cara memodifikasi pengetahuan, sikap, keyakinan, atau perilaku seseorang. Pendidikan sebaya juga dapat mempengaruhi perubahan di tingkat kelompok atau masyarakat dengan memodifikasi norma-norma dan merangsang tindakan kolektif yang mengarah pada perubahan program dan kebijakan yang ada dalam masyarakat (Maritz J, 2001).

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan teman sebaya terhadap pengetahuan dan sikap mahasiswa Akademi Keperawatan 17 Karanganyar dalam menanggulangi HIV/AIDS.
Metode, Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment, dengan rancangan penelitian Pre-test and Post-test control Group Design. Populasi target dalam penelitian ini adalah mahasiswa Akademi Keperawatan 17 Karanganyar. Sampel penelitian sebanyak 60 mahasiswa Akademi Keperawatan 17 Karanganyar. Analisa data menggunakan tehnik t-test.

Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pendidikan kesehatan teman sebaya efektif meningkatan pengetahuan mahasiswa di Akademi Keperawatan 17 Karanganyar tentang penanggulangan HIV/AIDS, dan (2) Pendidikan teman sebaya efektif meningkatan sikap mahasiswa di Akademi Keperawatan 17 Karanganyar tentang penanggulangan HIV/AIDS.

Saran: Adanya pengaruh pendidikan teman sebaya terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang penanggulangan HIV/AIDS diharapkan dapat dijadikan sebagai tambahan pengetahuan dalam bidang keperawatan, sehingga akan lebih mudah dalam melakukan pencegahan.

Data

Version
Size1.1 MB
Downloads324
Language
License
AuthorNugroho Priyo Handoko
Website
Price
Created2015-01-30
Created bypendekar
Changed2015-01-31
Changed bySuper User

Download

Polling

Bagaimana update informasi di website

Bagus - 77.5%
Cukup - 10%
Kurang - 12.5%

Total votes: 40
The voting for this poll has ended on: 30 Sep 2015 - 00:00

Asal Pengunjung

Go to top