HomeJurnalDownload Summary

LPPM AKPER 17

Overview Overview Search Search Up Up
Download details
Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan Pengetahuan,Sikap dan Perilaku Penderita Tuberculosis yang Berobat di Wilayah Kerja Puskesmas Surakarta Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan Pengetahuan,Sikap dan Perilaku Penderita Tuberculosis yang Berobat di Wilayah Kerja Puskesmas Surakarta HOT

Indonesia merupakan negara pertama diantara negara-negara dengan beban tuberculosis(TB) yang tinggi di wilayah Asia Tenggara yang berhasil mencapai target Millenium Development Goals untuk TB pada tahun 2006, yaitu 70% deteksi dini dan 85% kesembuhan. (WHO, 2010). Meskipun demikian angka Angka penderita TB di Surakarta masuk dalam peringkat sepuluh besar untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah. Pengetahuan masyarakat yang rendah tentang tuberculosis sebagian besar terjadi pada masyarakat yang berpendidikan rendah. Pengetahuan yang rendah cenderung untuk bersikap dan berperilaku negatif. Pemberian pendidikan kesehatan tentang penyakit tuberculosis sangat diperlukan terutama diprioritaskan bagi mereka yang berpendidikan rendah atau buta huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perubahan pengetahuan, sikap dan perilaku penderita Tuberculosis(TB) yang berobat di Wilayah Kerja Puskesmas Surakarta.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment), dengan rancangan one group pretest- posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua penderita TB yang berobat di Wilayah Kerja Puskesmas Surakarta. Sampel sejumlah 35 orang yang diambil dengan cluster random sampling. Variabel bebas adalah pendidikan kesehatan dan variabel terikat adalah pengetahuan, sikap dan prilaku. Cara pengumpulan data dengan metode kuesioner. Dan hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan Uji paired t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan pada nilai p=0,001, terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikappada p=0,001 dan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perubahan prilaku pencegahan penularan penyakit TB pada nilai p=0,001.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perubahan pengetahuan, sikap dan perilaku pencegahan penularan penyakit TB pada penderita TB.

Data

Version
Size38.75 KB
Downloads313
Language
License
AuthorDwi Lestari Mukti Palupi
Website
Price
Created2015-01-30
Created bypendekar
Changed2015-01-31
Changed bySuper User

Download

Polling

Bagaimana update informasi di website

Bagus - 77.5%
Cukup - 10%
Kurang - 12.5%

Total votes: 40
The voting for this poll has ended on: 30 Sep 2015 - 00:00

Asal Pengunjung

Go to top