HomeBerita KegiatanWORKHSOP PERCEPATAN JABATAN FUNGSIONAL DOSEN DAN KLINIK PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BEREPUTASI SCOPUS

SIAKAD AKPER 17 Karanganyar Surakarta

PMB online AKPER 17

LPPM AKPER 17

WORKHSOP PERCEPATAN JABATAN FUNGSIONAL DOSEN DAN KLINIK PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BEREPUTASI SCOPUS

Akper 17 Karanganyar Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah International Bereputasi Scopus

KARANGANYAR- Akademi Keperawatan (Akper) 17 Karanganyar menyelenggarakan Workshop Percepatan Jabatan Fungsional Dosen dan Klinik Penulisan Artikel Ilmiah International Bereputasi Scopus di Aula Akper 17, Kamis (15/11). Dosen dituntut mampu memenuhi standard kualitas diri sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT) dan pandai menulis artikel ilmiah international bereputasi scopus.

Ketua Yayasan 17 Surakarta, Dr. Hj. Tatik Sutarti Suryo, MM menjelaskan, workshop ini dibuka perwakilan dari Kemenristekdikti dan diselenggarakan oleh Akper 17 Karanganyar secara gratis. Pihaknya, mengundang perwakilan dari tujuh rektor atau pimpinan perguruan tinggi, di antaranya dari Universitas Surakarta, Stikes Mitra Husada, Stikes Aisyah, Akper Patrihusada, Stikes Kusuma Husada, dan lain sebagainya. Hadir juga Pengurus Organisasi Profesi (OP) dan Dewan pengawas PPIVQ, Herbasuki, SKP., M.Kes.

Menurut Dr. Tatik Sutarti yang juga motivator pendidikan itu, workshop seperti ini sangat dibutuhkan dosen. Tujuannya untuk memenuhi syarat jabatan fungsional dan bisa menulis jurnal ilmiah standard Scopus.

“Kemampuan untuk menulis jurnal standar Scopus ini harus dan wajib dipenuhi, itu syarat dari Kemenristekdikti. Bahkan guru besar harus memenuhinya. Setidaknya 5 jurnal. Dan yang akan ke jenjang doktor itu jurnal terindeks scopus sedikitnya dua,” ungkap Tatik yang sebentar lagi Guru Besar itu.

Dia juga mendorong semua di civitas akademika Akper 17 Karanganyar memenuhi seluruh standar yang diberikan Kemenristekdikti. Salah satunya dengan rutin menyelenggarakan pelatihan dan memberikan beasiswa bagi dosen yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Sehingga, mutu dan lulusan Akper 17 Karanganyar semakin bagus.

“Kita terus mendorong seluruh dosen bisa penuhi standar kulaitas diri, agar tri dharma perguruan tinggi benar-benar dilaksanakan. Dan tentu saja pandai menulis artikel ilmiah international bereputasi scopus,” tegasnya.

Ditambahkan Dr. Abdul Muhith, S.Kes, M.Kes dari L2 Dikti wilayah VII yang juga dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Majapahit, Mojokerto selaku pemateri acara tersebut. Disebutkan dia, sesuai Undang-undang nomor 12 tahun 2012, dosen itu punya tanggungjawab, yaitu dosen  bukan hanya guru mengajar tapi harus mampu mentransformasikan keilmunya.

“Implikasinya dalam bentuk publikasi, untuk mentransformasikan keilmuanya itu. Publikasi diantaranya ada jurnal ilmiah, yang terbagi menjadi jurnal berakreditasi, jurnal bereputasi dan jurnal internasional. Selain itu juga buku, buku itu ada buku referensi dan monograf,” imbuhnya.

Untuk dosen yang sudah mempunyai jabatan fungsional, maka implikasinya mutu perguruan tinggi baik, dengan dosen kompetensinya baik lulusan juga bermutu. Intinya dosen itu wajib membuat catatan fungsional mulai dari asisten ahli sampai profesor. “Sejauh ini tak ada kendala, hanya saja dosen dituntut menunjang keilmuannya. Seperti workshop, pendampingan, klinik untuk menulis publikasi,” pungkasnya.

Materi Workhsop Percepatan Jabatan Fungsional Dosen Dan Klinik Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi Scopus

Download Materi 1                                        Materi 2                                   materi 3

 

Polling

Bagaimana update informasi di website

Bagus - 77.5%
Cukup - 10%
Kurang - 12.5%

Total votes: 40
The voting for this poll has ended on: 30 Sep 2015 - 00:00

Asal Pengunjung

Go to top